Media Sosial seperti facebook dan twitter bukanlah hal yang asing bagi kita. selain sebagai media komunikasi secara online media sosial tersebut juga banyak digunakan oleh para pebisnis sebagai media untuk mempromosikan produk-produknya. namun dalam melakukan pemasaran melalui media sosial ada beberapa hal yang harus kita fahami. Strategi pemasaran seperti ini harus selalu diperbarui secara
terus-menerus demi memperluas konten pemasaran melalui media sosial, adapun beberapa caranya adalah:
1. Perkuat Strategi Pemasaran Melalui Konten Media Sosial
Meliputi 3 tahap penting:
- Partisipasi
Melibatkan followers di media sosial merupakan hal yang
sangat penting. Baik mereka adalah pimpinan di sebuah industri atau pun
pelanggan biasa, konten yang mereka hasilkan untuk page Anda akan lebih bermakna dan penuh ide-ide penting daripada yang Anda buat sendiri.
- Antisipasi
Buatlah konten yang berurutan dalam strategi pemasaran melalui media
sosial Anda. Bisa saja berupa potongan video, atau potongan artikel dan
gambar mengenai bisnis Anda agar menjadi teka-teki dan membuat orang
menarik. Konten yang baik adalah konten yang memunculkan rasa antisipasi
apa yang akan muncul berikutnya.
- Koordinasi
Memanfaatkan media sosial bukan hanya untuk menambah jumlah friends, followers,
atau fans saja. Media sosial memungkinkan Anda untuk melibatkan
hubungan yang saling menguntungkan dengan mereka. Perencanaan konten
yang melibatkan mereka dapat memberikan rasa memiliki yang sangat besar.
2. ‘Share’ Konten Beberapa Kali
Share posting di blog Anda beberapa kali akan memberi setidaknya tiga manfaat:
- Memaksimalkan traffic melalui media sosial: Sharing konten di media sosial lebih dari satu kali dan dengan cara yang berbeda-beda akan meningkatkan traffic di media sosial Anda. Jumlah pengunjung di page Anda akan meningkat setiap ada konten baru.
- Mendapatkan pengunjung dari periode berbeda:
Posting konten beberapa kali membantu Anda mendapatkan pengunjung pada
periode yang berbeda, misalkan posting pada tahun sebelumnya, diposting kembali di tahun ini, maka pengunjung baru di tahun ini akan melihat konten tersebut.
- Follower baru: Jika Anda posting artikel lama, mungkin beberapa follower
baru pertama kali membaca. Walaupun bukan artikel baru, tapi mereka
mungkin mendapatkan nilai yang berarti dari artikel tersebut.
Pertimbangkan menggunakan tools yang tersedia di Twitter untuk memantau pertumbuhan jumlah follower. Hal ini dapat membantu mengetahui saat yang tepat untuk posting artikel lama.
3. Tuan Rumah Pada Obrolan Twitter
Percakapan di Twitter merupakan cara yang bagus untuk membangun hubungan dengan follower
lama dan calon klien yang prospektif melalui berbagai topik. Hal itu
juga dapat meningkatkan pembaca konten Anda dan membuat momen baru
dengan berbagi solusi, petunjuk, dan tips yang bermanfaat. Ada empat
tahapan penting membuat obrolan efektif di Twitter:
- Kumpulkan informasi: Informasi yang dikumpulkan
dapat dimanfaatkan untuk membuat konten baru dan ide-ide yang bagus.
Partisipan akan muncul dan membantu mengidentifikasi apa yang terjadi
dalam sebuah industri, dan berbagi wawasan serta peluang baru untuk
membantu bisnis Anda.
- Kembangkan konten: Setelah mendapatkan ide-ide, buatlah konten baru dan share di media sosial. Anda juga dapat mengidentifikasi masalah dan solusi yang dibutuhkan dengan panduan artikel atau video.
- Tinjau kembali tujuan konten: Setelah membuat
konten, buat kembali agar lebih segar dan menjaga kelangsungan bisnis
Anda. Jika ada konten bernilai yang perlu sedikit modifikasi, dan
sajikan dengan metode baru kepada followers, dan secara otomatis mereka akan dengan senang hati menerima.
- Review isi konten: Review konten membantu
mengidentifikasi apakah ada atau tidak konten yang berdampak positif
ataupun negatif. Hal ini akan membantu Anda mengetahui betapa
berharganya informasi untuk konten.
4. Manfaatkan Share di Facebook
- Dengarkan isu sosial: Buatlah hashtag untuk mengetahui bagaimana orang-orang terhubung dengan brand, melihat konten, menggunakan brand Anda setiap hari. Ini adalah cara yang mudah untuk melacak percakapan.
- Tingkatkan konten sosial media untuk berbagi : Pahami bahwa konten yang menarik akan mendorong pembaca untuk berbagi dengan orang lain.
- Buat target demografis tertentu: Semakin spesifik target,
maka merek akan semakin mudah dikenal. Hal ini akan memungkinkan untuk
fokus pada orang-orang yang benar-benar tertarik pada merek Anda.
- Gunakan langkah atraktif untuk menarik pelanggan:
Memiliki konten yang bernilai dan memungkinkan pembaca berbagi konten
tersebut adalah cara yang bagus untuk melibatkan pelanggan dan menarik
pembeli yang potensial. Setelah pelanggan meng’klik’ dan share konten Anda, maka teman-teman mereka pun akan tertarik untuk meng’klik’ dan berbagi pada orang lain.
5. Gunakan LinkedIn untuk Mengirim Konten
LinkedIn adalah konten pemasaran yang sangat kuat. Ini adalah cara
yang ampuh untuk mengirimkan konten pada orang lain. Tetapi sebelumnya,
Anda harus kenali pengunjung, dengan mengetahui:
- Lokasi geografis, terutama jika Anda ingin mengunjungi pengunjung yang unik
- Apa yang mereka inginkan
- Tentang keluarga mereka, masyarakat, dan apa peran mereka di tempat kerja
6. Google Autorship Adalah Suatu Keharusan
Google Autorship bukan sekedar melampirkan foto atau gambar pada konten
dalam mesin pencari Google. Setelah Anda terhubung dengan Google
Autorship melalui Google+, maka akan terhubung antara konten dan
penulisnya. Hal ini memungkinkan Google untuk mengidentifikasi kualitas,
dan penulis konten.
Langkah-langkah tadi tidak diragukan lagi dapat menjadi strategi pemasaran yang baik. Optimalkan media sosial yang ada untuk meningkatkan penjualan. Ada baiknya Anda juga membuat business plan,
untuk mengetahui rencana bisnis apa saja yang akan dilakukan. Tampilkan
produk-produk Anda dalam media sosial. Buat pengunjung terkesan hanya
dengan melihat media sosial Anda.
ConversionConversion EmoticonEmoticon