DROPSHIP - Kelebihan dan Kekurangannya

Dropshipper adalah seseorang atau agen yang menjualkan produk suppliernya tanpa  memiliki produk suppliernya tersebut. Jadi Dropshipper hanyalah agen yang menjual informasi dari suatu produk supplier.

Misalnya seperti ini : Saya sebagai supplier yang menjual produk pakaian, dan anda sebagai dropshipper yang menjualkan produk saya namun tidak harus memiliki produk saya. Anda bisa menjualkan produk saya dengan bermodalkan informasi produk saya seperti gambar, harga dan lain-lain. Untuk harga bisa anda naikkan sesuai dengan berapa anda ingin mengambil keuntungan. Ketika ada pembeli, disitu anda memesan produknya kepada saya dengan format pemesanan seorang pembeli yang memesan kepada anda. Jadi nanti barang akan saya kirim kepada pembeli atas nama anda. Untuk pembayaran, pembeli membayar kepada anda lalu anda membayar kepada saya sebagai supplier. Kurang lebih analoginya seperti itu.

Kelebihan dari Dropship :

  • Bisa berbisnis tanpa modal – karena dalam hal ini anda adalah seorang sales. Oleh karena itu anda butuh media untuk mempromosikan produk dropshipping anda. Tanpa modal yang dimaksud adalah anda tidak perlu mempunyai produk, cukup dengan mempromosikan produk.
  • Bisa mengurangi resiko rugi – dengan tidak mempunyai produk, tentu saja anda tidak perlu berfikir rugi barang tidak terjual atau expired.
  • Tidak memerlukan gudang – tentu saja anda tidak membutuhkan gudang karena tidak ada produk di tempat anda, semua produk dari penyedia dropship
  • Tidak perlu sibuk packing – anda hanya melakukan pembayaran kepada supplier setelah anda mendapat transfer dari pembeli, sehingga supplier dropship lah yang melakukan packing.
  • Tidak perlu sibuk ke tempat ekspedisi – anda hanya perlu meminta no resi pengiriman ke supplier

Kekurangan Dropship :
  • Tidak bisa melihat kualitas produk – anda tidak melihat produk secara langsung, anda hanya bisa mengira – ngira dari foto dan spesifikasi produk.
  • Konsumen anda bisa di ambil supplier – banyak supplier curang dan nakal dengan mengambil pelanggan anda, maka pastikan anda melakukan dropship dengan supplier yang thrusted dan berkualitas.
  • Tidak bisa melakukan total kontrol – anda hanya bisa pasrah kepada supplier mengenai proses pengecekan produk, packing dan pengiriman.

Itulah sekilas pengertian Dropship beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Share :)


Previous
Next Post »
Thanks for your comment