Kamu Mahasiswa? Butuh Uang Saku Lebih? Jualan Online Aja


Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini biaya hidup perlahan meningkatkat. Artinya lebih mahal dari sebelumnya, sehingga kita dituntut untuk mengeluarkan material (uang) lebih banyak daripada sebelumnya.

Hal ini hampir dirasakan oleh semua kalangan, khususnya kalangan Mahasiswa yang pada dasarnya mereka mempunyai kebutuhan lebih banyak dari yang lainnya, apalagi Mahasiswa yang notabennya berasal dari Keluarga pas-pasan atau kurang mampu. Namun seiring berkembangnya Teknologi dan Bisnis, saat ini telah banyak kalangan-kalangan muda yang sudah mempunyai penghasilan sendiri dengan penghasilan yang cukup atau sangat besar. Lalu apa yang mereka lakukan? Berbisnis.

Berbisnis????

Ya berbisnis, karena berbisnis bisa dilakukan oleh siapapun tidak ada patokan umur, title, jabatan atau yang lainnya. Dari yang muda sampai yang tua, bahkan banyak pula kalangan anak-anak sudah mendapatkan penghasilan  besar.
Lalu bisnis apa yang bisa kita Lakukan sebagai Mahasiswa? Sedangkan kita tidak mempunyai waktu banyak dan modal yang besar.

Banyaaaakk.

Namun yang akan kita bahas saat ini adalah Jualan Online.

Berjualan saat ini menjadi salah satu pekerjaan atau bisnis yang sudah menjamur dikalangan masyarakat, banyak produk-produk yang dapat dijual dengan cara online ataupun offline. Tapi karena kita yang tidak memiliki banyak waktu dan modal yang besar, maka kita akan kesulitan. Oleh karena itu kita jual dengan cara Online.

Lalu untuk berjualan online apa yang perlu kita persiapkan?

a.       Niat
Yang pertama ini sangat jelas modalnya, jadi tidak perlu saya jabarkan lagi :D

b.      Buang Jauh-jauh rasa GENGSI “Jangan Gengsi yang Penting dapat Rezeki”
Banyak orang-orang diluar sana yang gagal dalam berjualan online ataupun offline dikarenakan gengsi. Karena merasa gengsi jika mereka berjualan, akhirnya mereka tidak melanjutkannya. Dan alhasil ya sia-sia. So, Jangan GENGSI.

c.       Produk yang akan dijual
Pastilah kalau kita ingin berjualan harus ada produk atau sesuatu yang akan dijual, nah yang ini biasanya banyak yang bertanya. “Kan saya gk punya modal banyak, gimana caranya dapet barang untuk dijual?” Gampang!!!! Kalian bisa menjadi Dropshipper (menjualkan produk orang lain), kalau masih belum faham silahkan googling apa itu dropshipping atau kalian bisa baca postingan saya tentang Dropship dan Kelebihannya. Saat ini di Indonesia sudah banyak perusahaan atau toko online yang memberlakukan sistem dropshipping. Seperti :



d.      Media Tempat Berjualan
Yang ini mungkin kalian sudah faham. Ya, media berjualan secara online melalui website, media sosial, dan lain-lain. Kalau kalian termasuk orang yang aktif di media sosial itu adalah modal yang bagus. Karena potensi memasarkan produk di media sosial sangat besar. Diluar sana sudah banyak orang yang menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta perbulan dari berjualan di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lain-lain. Paling-paling ya hanya modal kuota internet saja.

e.      Target

Jadi ketika kalian sudah memiliki produk dan lapak online, maka selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah memasarkan kepada target konsumen. Bagian ini sangat menentukan sukses tidaknya bisnis anda. Karena apabila konsumen tak tertarget sesuai dengan apa yang anda jual tentulah tidak akan ada orang yang membeli produk anda. Untuk itu kalian sebagai penjual perlu melakukan analisa serta memilah kepada siapakah kalian akan menawarkan produk. Mulailah memasarkan produk kalian kepada orang-orang disekitar, misalkan teman kalian.

Jangan Lupa Share.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment